anik handa. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

JUDUL SKRIPSI

hai teman teman. sedikit mengulas dan cerita tentang perjalanan skripsi saya. sidang dan Yudisium sudah dari Februari 2015 ini, dan acara wisuda baru oktober kemarin.  rasanya kangen dan ingin mengulas tentang skripsi ini. sudah mulai kangen dengan akivitas perjalanan saat menempuh S1.

Pas Tugas Akhir itu yang dilema pasti memilih  tema atau judul Tugas Akhir kita, apa yang akan di teliti? apa yang akan di buat? berasa itu jadi momok menakutkan kalau Judul tidak di Acc sama Dosen Pembimbing.

 setelah dapat dosen pembimbing 1 dan 2 , dag dig dug deh ngajuin judul  yang bakal di Eksekusi sebagai Tugas Akhir. biasa kita harus ada cadangan 3 judul, jadi semisal judul pertama tidak di acc kita ada punya cadangan judul lain yang bisa di ajuin kembali.
sama dengan saya, saya pun menyiapkan 3 judul, yang semuanya harus sudah tau latar belakang kenapa ingin mengeksekusi masalah tersebut, jadi untuk jalan lebih lancar saya mencoba meminta saran atau masukan dari temen temen apa ini yang saya ungkit bagus atau tidak, berbobot tidak? sebelum masuk ke keranjang seleksi dosen pembimbing.

saya menemukan ide untuk pengajuan  Tema judul  berikut dan langsung menyiapkan proposal masing masing:
1. Aplikasi Penerjemah Pesan
2.Aplikasi Pendataan Kependudukan Online
3. Aplikasi Digital Library

mau tau latar belakang ide ini tidak? hehe
saya mau ceritakan history satu satu, chek it out!!

1.Aplikasi Penerjemah Pesan
dengan judul " Penerapan Google Translate API pada Aplikasi Penerjemah Pesan" 
latar belakang tema ini adalah :
Kebutuhan komunikasi merupakan  hal yang paling  vital dalam berinteraksi dengan seseorang. Perbedaan bahasa adalah salah satu penghambat dalam berinteraksi. Dengan adanya Bahasa Internasional ini sangat mendukung peran penting dalam hal berkomunikasi dan berinteraksi dengan seseorang satu sama lain walaupun dengan berbeda negara dengan memiliki perbedaan dalam segi bahasa. Namun dalam kenyataannya masih sebagian besar orang  tidak  menguasai  atau mengerti seluruh Bahasa Internasional yaitu Bahasa Inggris, sehingga komunikasi tidak berjalan dengan lancar.
            Aplikasi pesan merupakan bagian dari komunikasi yaitu sebagai salah satu perangkat komunikasi, komunikasi berjalan dengan baik jika pesan dan maksud tujuan seseorang dapat tersampaikan kepada orang lain. Tidak menutup kemungkinan dalam berinteraksi dengan beberapa orang terdapat perbedaan bahasa antara orang yang sedang saling berkomunikasi. Ada berbagai perkembangan teknologi, banyaknya perkembangan aplikasi - aplikasi yang membantu dalam proses penerjemahan bahasa untuk mempermudahkan komunikasi antar orang yang  memiliki latar belakang  bahasa yang berbeda
                        Mesin penerjemah adalah salah satu aplikasi yang paling penting dari proses bahasa yang murni. Mesin Penerjemah merupakan salah satu cabang yang paling penting dari Artificial Intelligence. Artificial Intelligence sangat berguna dalam menyediakan orang dengan mesin, yang memahami berbagai bahasa di seluruh dunia. Terjemahan mesin membantu orang-orang dari tempat yang berbeda untuk memahami bahasa yang tidak dikenal tanpa bantuan penerjemah manusia.  

dan untuk tema judul yang kedua:

2.Aplikasi Pendataan Kependudukan Online
dengan judul "APLIKASI PENDATAAN KEPENDUDUKAN PENETAPAN  TPS PEMILU" judul proposal saya buat, berikut latar belakangnya judul ini :
"Berkembangnya Sistem Informasi sekarang yang sangat berkembang pesat.  Membuat  acuan dalam meningkatkan pengelolaan data kependudukan dengan sistem yang sistematis dan terkomputerisasi.
Dengan upaya Mempermudah  masyarakat Indonesia  dalam  menentukan TPS yang bisa di jangkaunya.
Beberapa kasus yang saya temui.
Indonesia itu luas. Sudah menjadi kebiasaan umum masyarakat daerah  ke luar daerah lain   untuk upaya mencari nafkah ataupun menuntut ilmu dan sekedar  kesibukan lainnya.
Sehingga Untuk keperluan yang mendesak tidaklah efisien jika kita harus  mendapatkan  ijin atau yang dengan maksud  keperluan yang menyakut kenegaraan tidak perlu repot untuk datang ke daerah domisili sesungguhnya.
Banyaknya warga indonesia yang   tidak dapat menyalurkan  hak suaranya di karenakan  kurang akuratnya pendataan  data penduduk yang   sesungguhnya berhak memperoleh surat pemilih untuk dapat memberikan suara. Dan sisi lainnya banyak masyarakat yang tidak menggunakan hak suaranya di karenakan tidak ada peluang untuk menuju ke daerah asal untuk menyalurkan hak suarannya dalam pemilihan.
Beberapa kasus,  Dalam penyelenggaraan  pemilu masih banyaknya kekurangan  pemerintah dalam   pengolahan data kependudukan. banyaknya warga yang tidak memperoleh surat  undangan untuk  menyalurkan  suaranya  akan Mempengaruhi   gerakan demokrasi di indonesia.  Hal ini mengurangi keadilan dalam dunia demokrasi indonesia.
Indonesia yang memiliki luasan tanah yang sangat besar, dan di dukungnya masyarakat yang memiliki kebiasaan mencari pekerjaan di lain wilayah asalnya membuat tidak mudahnya bagi perorangan dalam mengurus kepentingan pribadi ataupun umum yang disyaratkan dalam  melaksanakan kewajiban yang harus di laksanakannya."


dan untuk tema judul yang  terakhir:

3.Aplikasi E-Library
dengan judul " Aplikasi Perpustakaan Online Berbasis Web ", latar belakangnya adalah 
"Seiring dengan perkembangan teknologi semakin memberikan pengaruh kepada beberapa model kehidupan,  sebagai salah satunya dalam dunia perpustakan,  semakin berkurangnya pembaca untuk mendapatkan informasi untuk mendatangi sebuah perpustakan.  Dengan mudahnya akses internet yang sekarang sudah merajai dunia, begitu mudahnya informasi informasi di dapatkan mulai dari  blog ataupun artikel artikel  lainnya yang sudah tersaji pada halaman internet. Membuat enggan untuk membawa buku buku dari perpustakan yang sekiranya sedikit merepotkan di banding dengan gadget yang semuanya menawarkan kemudahan dalam mencari berbagai informasi.
Buku buku yang tersusun rapi di dalam perpustakaan sangat memiliki nilai tinggi di banding dengan tulisan tulisan pribadi yang mungkin hanyalah dari gabungan berbagai sumber ataupun dari sumber asli tetapi tetap tidak sebnayak  selengkap dalam buku.
Alasan penurunan peminjaman buku  atau aktivitas dalam  perpustakaan ini dipengaruhi dari beberapa aspek. Antara lain dari aspek layanan perpustakaan   ataupun  kinerja perpustakaan  yang dipengaruhi dari pembaca yang mulai memiliki kekurangan minat  pada  membaca buku.
sehingga daya  pemeliharaan untuk aktivitas pepustakaan pun semakin  menurun. 
Dengan sedikitnya minat pembaca memberikan pengaruh besar dalam aktivitas perpustakaan.
dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin merata, dan dengan mudahnya mendapatkan akses layanan internet memberikan dampak pada peningkatan minat pembaca buku untuk beralih kepada dunia e-book yang dapat di perolehnya melalui teknologi yang lebih efektif dan efisien tanpa harus  dikenai tarif dan waktu yang terbatas.
Dengan perkembangannya banyaklah muncul e-book  e-book yang semakinbanyak di jual memalui e-market sehingga lebih menurunkan minat pembaca untuk memanfaatkan  buku yang bersifat masih memiliki keterbatasan tempat.

nahh itu latar belakang kenapa saya ide ajuin judul tersebut, yah dari pengalaman atau dari keinginan sendiri itu lebih greget, tinggal bagaimana bisa mengeksekusinya :D

oh ya, yang di terima sama dosen pembimbing saya adalah  pemikiran saya pertama yaitu judul nomor 1. tapi saya terangkan, belum tentu ya ide judul yang nomor 2 dan 3 itu jelek atau tidak diterima. karena baru ngajuin 1 judul pertama, sudah di acc jadi untuk juduk ke 2 dan 3 saya tidak jadi di ajukan. soalnya sudah langsung suruh eksekusi dan fokus dan kebut ke judul itu yang sudah di acc.

sekian cerita perjalanan pengajuan judull skripsi saya.
terimakasih sudah membaca :))

di artikel selanjutnya saya akan membahas  Eksekusi Tugas Akhir saya.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar