anik handa. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Computer Vision Syndrome

Dunia Computer Vision Syndrome

Sekarang sudah begitu rentan orang terkena, Computer Vision Syndrome (CVS), tergantungan pada dunia Gadget sudah tidak mustahil terkena dunia Computer Vision Syndrome ini.
Terlebih  orang IT, hampir tak pernah lepas dari layar komputer selama ber jam jam. saat jam kerja, Saat makan siang, di jalan atau di rumah pun kadang masih sibuk dengan smart phone, tab, atau notebook. padahal  mata  juga ada batas 'kerjanya'.

Gejala berikut ini menandakan mata  perlu perhatian khusus:

- Mata mudah merah, pedih, berair
- Mata terasa gatal dan berdebu
- Mata kering
- Mata terasa lelah
- Kelopak mata atau dahi terasa berat
- Mudah sakit kepala atau migrain
- Rasa sakit pada bahu, rasa sakit ini bisa lebih gampang datang jika pada posisi salah,-

Bila memiliki gejala-gejala tersebut menurut dokter kemungkinan besar  terkena Computer Vision Syndrome (CVS). CVS adalah keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer terlalu lama. Hal ini diakibatkan Anda bekerja dengan pencahayaan yang kurang, posisi duduk salah di depan komputer, dan kurang berkedip. 

Sebelum ini terjadi hal yang lebih buruk atau sebelum menderita CVS lakukan pencegahannya dari sekarang. disarankan untuk melepaskan pandangan dari layar monitor 10 hingga 15 menit saat bekerja di depan monitor dan melihat objek yg jauh +/- selama 10 detik. Atau melakukan peregangan agar otot dan saraf tidak kaku. Yang tak penting adalah mengatur pencahayaan agar tetap terang dan mengatur posisi duduk posisi 90 derajat di depan komputer dan jarak mata dengan layar komputer kurang lebih 50-75 cm. 

Walaupun dikata keluhan CVS bersifat sementara dan dapat diatasi dengan cara beristirahat. Penggunaan tetes mata juga dapat membantu meringankan gejala. Namun apabila gejala tidak membaik, anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Bagaimanapun  tentunya akan mengganggu aktivitas dan pekerjaan apabila  tidak mengerti cara pencegahannya. dan  jangan di biarkan takut lama kelamaan bedampak mata kekurangan daya alias minus.
dan Selain itu pencegahan dapat dilakukan dengan  mengatur resolusi layar komputer, mengoptimalkan brightness dan contrast, serta memperhatikan kebersihan layar monitor.

Salam Sehat Wong IT :D


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar