anik handa. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KEAMANAN JARINGAN


Berikut  materi yang di ajarkan pada kelas keamanan Jaringan,
dalam kelas keamanan Jaringan disini, yaitu bertujuan untuk mengerti bagaimana cara menerapkann keamanan jaringan yang merupakan bagian privasi menggunakan tools software yang telah di siapkan.



pada pertemuan pertama,  di tujukan  cara bagaimana bisa mengcrack  password  pada windows7, jadi, tanpa mengetahui password  komputer tersebut, kita dapat masuk dengan  menggunakan software yang kita terapkan untuk dapat menembus password tersebut.

Untuk pertemuan ke-2 yaitu memasuki aksi Sniffing,
 Sniffing ?
untuk komputer yang terhubung di  sebuah  network / jaringan , yang  melibatkan pengisian username dan password,  contohnya aktifitas  e-banking, email,  maintenance website atau blog .
pengertian SNIFFING itu sendiri  adalah penyadapan terhadap lalu lintas data pada suatu jaringan komputer. Contohnya  komputer yang terhubung dengan suatu jaringan di Kampus . Saat ada browsing atau menggunakan jaringan internet  di kampus  maka aktivitas yang dilakukan  tersebut akan  melewati jaringan komputer Kampus  tersebut  (mungkin melewati server atau gateway internet), selanjutnya  keluar dari Jaringan kampus   melalui jaringan internet, Pada saat paket data yang anda masuki tersebut melalui jaringan komputer kampus  itulah aktifitas SNIFFING bisa dilakukan.


Potensial Bahaya dari SNIFFING


Hilangnya privacy

paket data yang anda browse bisa ditangkap oleh SNIFFER (orang yang melakukan SNIFFING) maka isi paket data itu yang mungkin bersifat privasi  menjadi tidak lagi bersifat privat / pribadi jika pengguna Sniffer membaca.

- Tercurinya informasi penting dan rahasia

salah satu bagian terpenting dari  akun   untuk dapat memasuki sebuah jaringan tersebut yaitu  Password dan username,   Password dan username adalah  salah satu  informasi rahasia yang bisa ditangkap oleh Sniffer dengan mudah saat si korban melakukan login di halaman website melalui internet. Jika username dan password tercuri maka dengan mudah si Sniffer mengantinya dengan yang baru kemudian mencuri semua informasi dalam halaman website yang dilindungi dengan password tersebut. Maka dengan begitu si korban hanya bisa gigit jari karena passwordnya telah diubah, sehingga dirinya tidak bisa login, dan isinya telah di acak-acak dan dicuri.

Cara Melakukan SNIFFING

Biasanya SNIFFING ini dilakukan dengan menggunakan sebuah tool atau software Sniffer. Misalnya :  CAIN & ABEL,WIRESHARK, BACKTRACK.
Dan yang terpenting, untuk  pembahasan  sniffing ini adalah....
“BAGAIMANA CARA MENCEGAH AKSI SNIFFING ????”
jadilah orang yang paranoid untuk berselancar di dunia internet  pada suatu jaringan komputer yang  berpola  non security.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Anik Handa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar